Hallo ,  Selamat Datang di DUNIA ALAT KEDOKTERAN  |  PROFIL  |  LOKASI  |  ORDER ?
 

Pencarian

Buah Asam Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

      Pohon asam berasal dari Afrika, kemudian mengalami penyebaran ke India, dan hingga kini banyak dijumpai disetiap negara terutama yang mempunyai suhu tropis. Pohon Asam mempunyai tinggi 15-25 meter, mempunyai cabang banyak, dan berkayu keras. Daun berbentuk majemuk menyirip genap, panjang 5-13 cm, terdapat 10-15 pasang anak daun yang posisinya berhadapan dan bertangkai sangat pendek. 
Pohon asam berbuah sepanjang tahun, Buahnya yaitu buah asam bisa dibuat sebagai sirup sebagai minuman penyegar, kembang gula, manisan, bumbu masak dan juga sebagai ramuan obat. Daun muda pohon asam biasa disebut sinom, dan bisa digunakan sebagai penyedap masakan.


Sifat Maupun Khasiat Buah Asam
Rasa buahnya asam, bersifat sejuk, astringen. Berkhasiat pencahar, penyejuk, pereda demam, antiseptik, dan bisa meningkatkan nafsu makan. Daun pohon asam pun ternyata sangat berguna yaitu sebagai penurun panas, pereda rasa nyeri (analgesik), dan antiseptik.

Kandungan Kimia Buah Asam
- Daging buah asam mengandung gula invert, tartaric acid, citric acid, nicotinic acid, 1-malic acid, pipecolic acid, vitexin, orientin, vitamin B3, B-alanine, pektin, proline, leucine, kalium dan lemak.
- Dauh buah asam mengandung sitexin, isovitexin, orientin, isoorientin, tanin, glukosida, dan peroksidase.
- Kulit kayu buah asam mengandung tanin, saponin, glukosida, peroksidase dan lemak.

Bagian Yang Digunakan Dalam Pengobatan
Buah tanpa biji, daun, bunga, kulit kayu dan biji. Buah dipetik setelah masak untuk dikonsumsi selagi masih segar, atau juga bisa dikeringkan terlebih dahulu.

Pada daun asam bisa digunakan untuk mengatasi :
- Demam
- Batuk
- Rematik
- Sakit kuning
- Cacinga
- Koreng, bisul, eksim, luka
- Susah tidur (Insomnia).

Daging buah asam digunakan untuk mengatasi :
- Sembelit
- Keracunan alkohol
- Muntah
- Demam
- Disentri
- Kurang nafsu makan
- Sakit kuning
- Radang payudara
- Mual dan muntah sewaktu hamil
- Sesak napas (asma)
- Rasa haus terus menerus.

Bunga buah asam dapat digunakan untuk mengatasi :
- TB paru
- Batuk darah
- Radang trachea konis
- Rematik
- Bengkak terbentur
- Luka teriris

Kulit kayu buah asam dapat digunakan untuk mengatasi :
- Sariawan
- Asma
- Demam
- Terlambat datang haid

Contoh Pemakaian dalam Pengobatan :
1. Radang Payudara
    Ambil buah asam yang sudah tidak berbiji secukupnya dengan 3 sendok makan air garam, kemudian di campur hingga menjadi lembut. Oleskan pada payudara yang terasa sakit, kemudian balut. Ganti 2 sampai 3 kali dalam sehari.
2. Sakit Bisul
    Tumbuk sampai halus biji buah asam, lalu tambahkan sedikit air garam sambil diaduk sampai rata. Oleskan pada bisul kemudian balut. Ganti dua kali dalam sehari.
Ada cara lain yaitu : tumbuk buah asam dan kunyit secukupnya sampai halus, lalu oleskan pada bisul.
3. Sakit Sariawan
    Cuci dan potong-potong buah asam yang tanpa biji sebanyak tiga jari, kemudian gula enau sebanyak dua jari, kemudian campur dan rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa kira-kira menjadi dua gelas. Setelah dingin, saring dan bagi tiga kedalam tiga gelas, dan diminum untuk tiga kali dalam sehari.
4. Bengkak sendi, memar atau keseleo
    Giling dau muda buah asam dan rimpang kunyit secukupnya sampai halus. Seduh dengan sedikit air panas, lalu oleskan pada bagian yang terasa sakit.
5. Eksim
    Cuci dan tumbuk daun asam muda 1/3 genggam, rimpang kunyit sebesar ibu jari, daun ketepeng cina tiga lembar, dan biji bungur 5 gram, tambahkan dua sendok makan minyak kelapa, sambil semuanya diremas. Kemudian campuran tadi di oleskan pada kulit yang terkena eksim, lalu balut dan ganti dua kali sehari.
6. Nyeri haid
    Cuci dan potong-potong buah asam tua sebesar dua jari, rimpang temulawak 3/4 jari, asam trengguli sebesar dua jari, daun sembung satu helai, gula enau sebesar tiga jari, Kemudian rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa kurang lebih dua gelas, setelah dingin saring dan minum untuk tiga kali sehari.
7. Mencegah rambut rontok
    Buah asam yang sudah tua dicampur dengan sedikit air dan kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala. Setelah kering kemudian cuci dengan sampho sampai bersih.
8. Tersiram air panas (Skabies)
    Cuci dan tumbuk daun segar buah asam secukupnya sampai seperti bubur. Kemudian balurkan pada tempat yang terasa sakit. (Dr.Setiawan Dalimartha, Atlas Tumbuhan Obat).

Demikian beberapa manfaat Pohon Asam buat pengobatan penyakit, semoga dapat bermanfaat.

Informasi Timbangan Digital + Ukur Tinggi Badan silahkan bisa baca DISINI.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Untuk info peluang bisnis masakan Jepang Okonomiyaki & Takoyaki pelajari infonya DISINI.

Ingin Gabung di Dunia Alat Kedokteran Yahoo Groups

Powered by us.groups.yahoo.com

Artikel / Produk Sejenis