Hallo ,  Selamat Datang di DUNIA ALAT KEDOKTERAN  |  PROFIL  |  LOKASI  |  ORDER ?
 

Pencarian

Kriteria Kamar Gelap Dalam Kedokteran Radiologi

            Dalam Ilmu kedokteran, baik kedokteran hewan maupun manusia, mempelajari Radiologi atau ilmu kedokteran untuk melihat bagian dalam tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik. Pada awalnya frekuensi yang dipakai berbentuk sinar-x (x-ray) namun kemajuan teknologi modern memakai pemindaian (scanning) gelombang sangat tinggi (ultrasonic) seperti ultrasonography (USG) dan juga MRI (magnetic resonance imaging). Ilmu ini sangat penting, salahsatunya adalah sinar-X atau Rontgent dalam penunjang diagnosa oleh seorang dokter hewan terhadap pasiennya.
Dalam melakukan pengambilan gambar menggunakan rontgent diperlukan kamar atau ruangan yang terdiri dari daerah kering yaitu tempat pemotretan, penggantian dan identifikasi film. Juga daerah basah yaitu processing/pencucian film. Daerah basah sebaiknya dilakukan dengan kondisi gelap atau kamar gelap.
Adapun kriteria yang baik untuk membuat kamar gelap adalah sebagai berikut:
a. Dinding dilapisi dengan logam Pb dan dicat berwarna hitam.


b. Dinding kamar tidak dibuat membetuk sudut agar mudah dalam membersihkan dan mencegah tertinggalnya kontaminan seperti debu dan lainnya dalam dinding.

c.Kondisikan ruangan menjadi gelap atau hindarkan adanya cahaya yang masuk, meskipun hanya lampu senter dan lain sebagainya.

d.Atap kamar tidak terbuat dari bahan yang mudah ditembus cahaya atau mudah diterobos sinar dari luar.
e.Sebaiknya pintu masuk kedalam kamar gelap dibuat seperti huruf S atau di beri korden (tirai) setelah pintu masuk.
f.Sediakan hanger dan kaset dalam ruang gelap sebagai tempat film.
g.Sediakan tiga kotak secara berurutan yang berisi cairan developing (pengembang), rinshing (Pembilas) dan fixing (penyetop) serta sediakan satu drum yang berisi air aquades (air suling) sebagai washing (Pencucian).
h.Jika ada, sediakan lampu infra merah (infra red) untuk membantu penerangan dalam kamar gelap. - (Sumber duniaveteriner)

Info lengkap tentang produk Radiology silahkan bisa dilihat DISINI.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk info peluang usaha masakan Jepang Okonomiyaki & Takoyaki pelajari infonya DISINI.

Ingin Gabung di Dunia Alat Kedokteran Yahoo Groups

Powered by us.groups.yahoo.com

Artikel / Produk Sejenis